Minggu, 08 Mei 2011

Renderasi dan Animasi 3D (Pert 6, Latihan5)


Kamis, 5 Mei 2011
Prak. Renderasi dan Animasi

Buka aplikasi 3dsMAX
Buka pekerjaan terakhir yang dikerjakan.

Pada panel Modify > Rollout Parameters, kurangi diameter buah jeruk sehingga tersedia ruang yang cukup untuk buah satu lagi.
Ganti menjadi Radius = 30.

Klik kanan pada buah jeruk lalu pilih Move.

Pindahkan buah jeruk ke kiri lalu ke bawah sehingga berada disebelah kiri slab, sediakan ruang untuk buah satu lagi.

Di dalam Top Viewport, perbesar gambar hingga slab memenuhi viewport.

Tekan SHIFT.

Pada Camera Viewport, pilih lalu geser buah jeruk ke kanan.

Pada jendela Clone Options ketik apple pada bagian Name:
Klik OK untuk melengkapi proses Copy.

Tekan M untuk membuka Material Editor.
Perbesar sampe area dengan klik kanan pada sampel slot. Pilih 5x3.

Pilih sampel material






Pilih buah apel
Buka Display panel lalu klik Hide Unselected.

Pada Viewport NavigationControls, klik Zoom Extent All.

Tekan Ctrl+klik kanan pada object lalu pilih Isolate Tool.

Pada Tab Modifiers, klik Taper untuk mengaplikasikan modifier ini ke bola yang akan dijadikan buah apel.

Pada rollout parameters > area Taper, sesuaikan Amount parameter lalu perhatikan efek yang terjadi di dalam viewport.

Pada panel Modifiers > rollout modifier stack, klik edit stack.

di dalam kotak dialog edit modifier stack, pilih Collapse All.
Klik yes pada kotak pesan warning lalu klik OK.

Di dalam rollout modifier stack, klik tombol sub-object untuk mengaktifkan.

Vertex level adal default dalam daftar Selection Level. Di dalam Viewport. Vertex ditampilkan dalam warna biru.

Aktifkan Left Viewport.

KlikZoom Extentx All di dalam viewport Navigation Control.

Pada front atau left viewport, seret atau drag dari luar bola untuk membuat kotak 2 baris vertex dibagian bawah buah apel.

di ujun sebelah kanan pada main toolbar, isi list tanpa list dengan text bagian bawah apel lalu tekan Enter.

Rollout Soft Selection.
Aktifkan Use Soft Selection sesuaikan Falloff hinnga separuh bagian bawah buah apel berubah warnananya.

Pada panel Modify > Rollout Modifiers, klik More.
Pada jendela Modifiers pilih Displace lalu klik OK.

Pada rollout parameters > area Image, klik tombol Bitmap yang bertanda None.

Di dalam kotak dialog Select Displacement Image, cari folder lali file Applebis.jpg.
Klik Open.

Pada Rollout Parameters > are Displacement, klik Spinners (tanda panah kecil disebelah kotak masukan parameter) untuk menambahkan atau mengurangi strength parameter sedikit.

Spinner dengan nilai Minus (-) ntuk mendapatkan bagian bawah buah apel yang realistik.

Pada Modify panel, klik tombol More.

Pilih Edit Mesh dari dalam daftar lali klik ok.

Pada panel Modify > Modifier Stack aktifkan Sub-Object.

Gunakan region-select untuk memilih tiga aris vertex di bagian atas buah apel. Beri nama menjadi "bagian atas apel".

Gulung ke bawah ke Rollout Sof Selection. Pilih Use Soft Selection. Sesuaikan Falloff = 33

Pada rollout Modifier Stack klik Edit Stack untuk menampilkan kotak dialog Edit Modifier Stack.
Pilih Displace di dalam Stack. Klik Copy.

Di bagian atas Stack, pilih Edit Mesh. Klik Paste untuk menambahkan Modifier Displacement kedua ke dalam Stack.
Displace sekarang berada diatas Edt Mesh Modifier. Klik OK untuk mengakhiri Editing.

Pilih Sub-Object > Gizmo.
Geser Gizmo sehingga melayag diatas sebuah apel. (Gizmo sumbu x,y,z berwarna kuning).

Pada rollout parameters untuk Displace, tambahkan Strength parameters menjadi = 8. Sesuaikan Decay Parameters untuk membentuk permukaan bagian.

Jika ingin kembali ke Stack untk menyesuaikan nilai Soft Selection, aktifkan Show End Reslut On/Off Toggle.

Jika telah selesai matikan tombol Sub-Object,

Buka dispplay panel lalu klik Unhide All.

Pada viewport navigation controls, klik zoom extents all.

Keluar dari exit isolation dengan menekan tombol pada jendela isolated.

Pada front viewprt, buat region-zoom disekitar buah jeruk dan apel sehinga terlihat dengan jelas.

Putar dan sesuaikan posisi buah apel dengan menggunakan icon Select and Rotate.

Pastikan animasi yang dibuat pertemuan selanjutnya masih ada dengan menekan tombol play.

pili enu rendering > Render
Tandai Active TIme Segment: 0 To 100 atau Range 0 To 100
Pilih tombol 640x480
Pilihj tombol Files...
(beri nama masing-masing)
pastikan format nya adalah *.avi lalu klik tombol Save
pastikan viewport adalah Camera01 lalu tekan tombl Render.

simpan pkerjaan dengan nama masing masing pastikan format penyimpanan adalah *.max.



0 komentar:

Posting Komentar

Bertukar Banner 1

Photobucket

Bertukar Banner2

 

Enlightening Blog. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com