Kamis, 30 Desember 2010

Renungan Akhir Tahun


Baik sadar maupun tidak sadar kita sudah berada di penghujung tahun ini, tahun 2010. Banyak lembar cerita kehidupan yang terisi pada tahun ini. cerita itu terdiri dari berbagai macam fase dari ribuan episode. Secara tidak sadar banyak hal yang kita lewatkan begitu saja. kita sering terlena dan bermain-main di tahun ini. ditahun yang tidak bisa kembali dalam setiap waktunya ini telah kulewati dengan suka duka, penuh canda, ketawa-ketiwi, mengobrol yang tidak penting, membicarakan orang lain, mendengar gosip yang beredar, melihat aurat, bermalas-malasan, main game, mengaji, halaqoh, ikut majelis ta'lim, sholat tahujut, puasa sunnah, sholat dhuha, kuliah, mengajar, blogging dan lain-lain. Banyak hal negatif dan positif yang aku lakukan, namun menurutku hal negatif masih mendominasi. aku biasa merencanakan kehidupanku dalam setiap tahunnya. namun, banyak target yang belum terpenuhi. tidak serius dan tidak konsisten menjadikan diriku yang seperti sekarang ini. gemar dan pandai membuat rencana namun malas mengaplikasikannya karena banyak godaan yang masuk. Astaghfirullah, aku berfikir mau jadi apakah suatu saat ini. aku bahkan menjadi tidak percaya diri untuk maju akhir-akhir ini. padahal, aku dulu merasakan sebagai pemenang dari jiwa pemenang. aku sering dan suka mendengarkan motivasi dari mana saja. dari tokoh terkemuka samapai buku-buku motivasi aku baca. memang sempat memberikan pengaruh kepadaku untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari namun itu tidak lama dan kemudian aku kembali kekeadaan malas dan kembali ke keterpurukan hidup. di penghujung tahun ini aku baru merasakannya. banyak hal yang aku sia-siakan, banyak nikmat pemberian Tuhan yang kudustakan. aku mudah sekali terkontaminasi dengan hal-hal yang buruk, mudah sekali terbawa emosi yang mengakibatkan diriku menjadi terpuruk. Astaghfirullah, istighfar secara terus menerus dan dari lubuk hati dapat mengurangi dosa-dosa ku. bagaimanapun itu, apapun yang aku lakukan di masa lampau, cukuplah menjadi pengalaman dan pelajaran hidupku. sebagai seorang manusia yang berakal dan mempunyai mimpi besar aku harus bangun dari tidurku. aku harus berfikir jauh kedepan dan merencanakan lagi target-target hidupku dengan berusaha sepenuhnya untuk konsisten dan kontinu. aku sangat berharap dan berdoa agar Allah Subhanallahu Wa'taalla selalu memberikan ku kebaikan. aku berusaha untuk selalu semangat dan optimis untuk mewujudkan mimpi-mimpi itu dengan kebaikan. aku ingin menjadi pribadi yang lebih baik dari sekarang. aku ingin menjadi pribadi yang baik, pribadi yang ikhlas, pribadi yang pintar, pribadi yang mulia di hadapan Allah walaupun tidak dihadapan manusia. aku ingin menjadi pribadi yang selalu membahagiakan kedua orang tuaku dan orang lain. aku ingin menjadi diri ku apa adanya. mempunyai karakter yang baik dan berkualitas. Ya Allah Ya Tuhanku kabulkanlah doa dan harapanku ini...amin :)

0 komentar:

Posting Komentar

Bertukar Banner 1

Photobucket

Bertukar Banner2

 

Enlightening Blog. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com