Senin, 20 Desember 2010

Apa yang menyebabkan Terjadinya Hujan Asam?


Assalammualaikum sobat dastro, jumpa lagi di file detektif dastro. pada postingan ini kita akan membahas tentang hujan asam. hmm...tentunya sobat dastro pernah mendengar istilah hujan asam. namun, tahukah anda bagaimana hujan asam terjadi?

baiklah, langsung saja yuk mari kita bahas.

hujan asam adalah istilah untuk hujan, salju atau hujan bercampur es dan salju, atau presipitasi basah lain yang tercemar oleh asam seperti asam sulfat dan asam nitrat. Hujan asam dapat membahayakan danau, sungai, dan anak sungai di seluruh dunia serta dapat juga membunuh ikan dan satwa liat yang lain. Hujan asam juga merusak bangunan, jembatan, dan patung. keonsentrasi hujan asam yang tinggi dapat merusak hutan dan tanah.

Hujan asam terbentuk ketika air yang menguap dalam udara bereaksi dengan senyawa kimia tertentu. senyawa ini, termasuk belerang dioksida dan nitrogen dioksida, terutama berasal dari pembakaran batu bara, bensin, dan minyak.

Sebagian besar kendaraan, pabrik dan pembangkit listrik membakar bahan bakar seperti itu untuk memperoleh energi.

wilayah yang terkena dampak hujan asam meliputi daerah yang amat luas dari Amerika Utara bagian timur, Skandinavia (eropa bagian utara), dan eropa tengah, dan beberapa bagian asia. Sejak sekitar tahun 1950-an, masalah ini meningkat dari daerah pedesaan. Hal ini terjadi karena penggnaan cerobong asap yang lebih tinggi di daerah perkotaan membuat angin menerbangkan polutan menjauhi sumber polusi.

Fakta lain :

Menambahkan kapur ke dalam danau dan sungai serta daerah alirannya secara temporer akan menetralkan kesamaan air di sana. Tetapi netralisasi mungkin menimbulkan efek samping yang merugikan.






Keterangan : Presipitasi merupakan peristiwa jatuhnya cairan (dapat berbentuk cair atau beku) dari atmosphere ke permukaan bumi.

sumber : Buku Aku Ingin Tahu Apa?

http://ipankreview.wordpress.com/2009/03/23/presipitasi/

0 komentar:

Posting Komentar

Bertukar Banner 1

Photobucket

Bertukar Banner2

 

Enlightening Blog. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com