Senin, 01 Juni 2009

Motivasi Diri Meraih Sukses


Pada dasarnya, setiap manusia ingin meraih kesuksesan dalam hidupnya. hal ini dikarenakan pandangan manusia yang menganggap bahwa sukses itu adalah sesuatu yang positif.
Sukses menurut bahasa berarti berhasil atau beruntung. Napoleon Hill mengatakan bahwa sukses adalah memberi, membantu, dan mengontrol egonya sendiri tanpa menyisakan tempat untuk mengharapkan adanya keberuntungan. sedangkan menurut John C Maxwell, sekses adalah mengetahui tujuan hidup, tumbuh untuk mencapai kebutuhan maksimal, dan menabur benih untuk memberikan manfaat kapada yang lainnya.
Pendapat di atas adalah pendapat orang-orang sekuler yang mendefinisikan kesuksesannnya hanya sebatas kesuksesan di dunia saja. seseorang dikatakan sukses jika telah berhasil mencapai keinginannnya, yaitu memperoleh harta yang banyak, berhasil dalam studi, sukses dalam kerja dan bisnis, mencapai puncak dalam suatu jabatan, berhasil menjadi populer, walaupun dengan cara yang tidak di Ridhoi Allah.
Sedangkan kesuksesan dalam pandangan islam adalah kesuksesan yang seimbang antara kesuksesan hidup di dunia dan di akhirat. kesuksesan dalam hal ini adalah kesuksesan yang maknanya lebih luas dibandingkan dengan pandangan orang-orang sekuler di atas. mereka hanya menginginkan ketenaran, popularitas, kemewahan, dan kebahagian dunia semata.


Ada beberapa kisah yang dapat kita ambil ibrohnya dari orang-orang yang secara lahiriah dapat dikatakan sukses namun secara batiniah mereka sebenarnya menderita. pada masa silam kita kenal kurt kobain, ia bersama grup musiknya berhasil menggemparkan dunia. Vokalis yang satu ini benar-benar telah memiliki apa yang diinginkan oleh orang-orang di masa modern ini. ketenaran, kekayaan, dan keluarga telah ia miliki, namun kekecewaan atas kepalsuan hidup dan hidup tanpa makna telah membuatnya putus asa. akhirnya, tanpa sandaran hidup yang hakiki membuatnya bunuh diri. dalam surat wasiatnya ia menulis "saya tidak lagi merasakan kegairahan hidup dalam beberapa tahun terakhir ini. saya bersalah dan saya tidak akan menipu siapa pun lagi. kejahatan yang paling buruk adalah berpura-pura." Pesan tersirat dalam surat itu adalah bahwasannya orang-orang telah menganggap ia kaya, terkenal, hebat, dan bahagia. padahal pada hakekatnya hati dan jiwanya gersang seperti gurun pasir yang mengharapkan guyuran hujan yang menyejukan. hal ini juga terjadi pada seorang artis cantik marlyn monroe. kecantikan dan kesensualitasannya masih dipuja sampai sekarang. bahkan ia masih terkenal sampai sekarang. ia pun meninggal dengan bunuh diri karena merasa jiwanya kosong.

0 komentar:

Posting Komentar

Bertukar Banner 1

Photobucket

Bertukar Banner2

 

Enlightening Blog. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com